(0361) 9091 737
081338362376
08113883358

Membeli Mobil Pertama: Kenali Jenis Mobil Beserta Plus Minusnya

Sering kali keputusan untuk membeli mobil pertama kali datangnya dari faktor kebutuhan. Dengan asumsi ingin membawa keluarga besar bepergian, mobil kapasitas besar pun dijadikan pilihan. Padahal sebenarnya, tidak semua kebutuhan mengacu pada mobil berkapasitas besar.

Paling baik adalah Anda mencari tahu dulu jenis-jenis mobil yang umum ada di pasaran. Setelah mengetahui berbagai jenis mobil, cermati plus minus untuk penggunaannya, apakah mobil dipakai untuk transportasi sehari-hari, musiman, atau hanya saat weekend saja? Berikut beberapa jenis mobil beserta plus minusnya :

LCGC (Low Cost Green Car)

Membeli Mobil Pertama: Kenali Jenis Mobil Beserta Plus Minusnya

LCGC adalah mobil yang dirancang untuk menjadi ramah lingkungan dan terjangkau. Mobil ini umumnya memiliki mesin kecil, fitur-fitur keselamatan dasar, dan harganya terjangkau bagi konsumen di Indonesia. LCGC di Indonesia memiliki regulasi dan insentif khusus dari pemerintah untuk mendorong penggunaan mobil ramah lingkungan.

Plus : 

  • Harga Terjangkau: Harga mobil LCGC biasanya lebih terjangkau dibandingkan dengan mobil konvensional, membuatnya menjadi pilihan yang menarik bagi konsumen dengan anggaran terbatas.
  • Efisiensi Bahan Bakar: LCGC biasanya dilengkapi dengan mesin kecil yang lebih efisien dalam hal konsumsi bahan bakar, sehingga membantu mengurangi biaya operasional kendaraan.
  • Ramah Lingkungan: Mobil LCGC dirancang untuk memenuhi standar emisi gas buang yang lebih rendah, membantu mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan.

    Minus:
  • Fitur Keselamatan yang Terbatas: Sebagian besar mobil LCGC memiliki fitur keselamatan dasar, seperti airbag dan rem anti-lock, namun mungkin tidak dilengkapi dengan fitur-fitur keselamatan canggih yang ditemukan di mobil yang lebih mahal.
  • Kinerja yang Terbatas: Mesin kecil yang digunakan dalam LCGC mungkin tidak memberikan kinerja yang sekuat mobil dengan mesin yang lebih besar, terutama saat membawa beban penuh atau saat mengemudi di jalanan curam.

SUV (Sport Utility Vehicle)

SUV adalah mobil serbaguna yang dirancang untuk menangani berbagai kondisi jalan dan cuaca. Mereka biasanya memiliki postur yang lebih tinggi, ruang kabin yang luas, dan sering kali dilengkapi dengan sistem penggerak empat roda (4WD) atau all-wheel drive (AWD).

Plus:

  • Daya Angkut dan Ruang Kargo: SUV biasanya menawarkan ruang kargo yang lebih besar daripada sedan, sehingga cocok untuk membawa barang bawaan besar atau keluarga yang besar.
  • Kemampuan Off-Road: Dengan ground clearance yang lebih tinggi dan sistem penggerak empat roda, SUV mampu mengatasi medan off-road dengan lebih baik dibandingkan dengan jenis lainnya.
  • Kenyamanan Berkendara: Banyak SUV dilengkapi dengan fitur-fitur kenyamanan tinggi, seperti kursi yang nyaman dan sistem suspensi yang mampu menyerap guncangan jalan dengan baik.

Minus:

  • Konsumsi Bahan Bakar: Secara umum, SUV cenderung lebih boros bahan bakar daripada sedan atau hatchback, terutama dalam kondisi kota atau jalan raya.
  • Ukuran: Ukuran yang lebih besar dari SUV dapat membuat manuver di area perkotaan menjadi sulit. Parkir di ruang parkir yang sempit juga bisa menjadi tantangan.

MPV (Multi-Purpose Vehicle)

Membeli Mobil Pertama: Kenali Jenis Mobil Beserta Plus Minusnya

MPV adalah mobil yang dirancang untuk memberikan fleksibilitas dan ruang yang besar untuk penumpang dan barang bawaan. Mobil ini sering kali memiliki tiga baris kursi dan mampu menampung lebih dari lima penumpang. MPV dikenal karena ruang kabin yang luas dan fleksibel, serta sering digunakan sebagai kendaraan keluarga.

Plus:

  • Ruang Kabin yang Luas: MPV menawarkan ruang kabin yang luas, terutama pada baris kedua dan ketiga, sehingga nyaman bagi penumpang.
  • Fleksibilitas: Beberapa model MPV memiliki kursi yang dapat dilipat atau diatur ulang, memberikan fleksibilitas dalam menyusun ruang kabin atau menyediakan ruang tambahan untuk barang bawaan.
  • Daya Angkut yang Tinggi: MPV biasanya memiliki kapasitas angkut yang lebih besar daripada sedan atau hatchback, membuatnya cocok untuk keluarga besar atau perjalanan bersama teman.

Minus:

  • Konsumsi Bahan Bakar: Secara umum, MPV cenderung memiliki konsumsi bahan bakar yang lebih tinggi dibandingkan dengan mobil lainnya, terutama dalam kondisi kota atau jalan raya.
  • Ukuran yang Besar: Ukuran yang besar dari MPV dapat membuat manuver di area perkotaan menjadi sulit, terutama saat mencari tempat parkir.

Hatchback

Hatchback adalah mobil dengan pintu belakang yang terhubung ke ruang kargo, menciptakan ruang penyimpanan yang lebih fleksibel. Mereka biasanya memiliki postur yang lebih rendah daripada SUV tetapi lebih tinggi daripada sedan.

Plus:

  • Ruangan Kargo Fleksibel: Hatchback menawarkan ruang kargo yang lebih fleksibel daripada sedan, karena pintu belakang yang terhubung langsung ke ruang kargo.
  • Manuver Mudah: Profil yang lebih kecil membuat hatchback lebih mudah untuk bermaneuver di sekitar kota dan parkir di ruang parkir yang sempit.
  • Efisiensi Bahan Bakar: Hatchback cenderung lebih efisien dalam hal konsumsi bahan bakar dibandingkan dengan SUV, terutama untuk pengendaraan di perkotaan.

Minus:

  • Ruangan Kabin yang Terbatas: Meskipun hatchback menawarkan ruang kargo yang fleksibel, ruang kabin mereka mungkin terbatas, terutama untuk penumpang di baris belakang.
  • Ketinggian Kabin yang Rendah: Ketinggian kabin yang lebih rendah mungkin tidak sesuai dengan semua orang, terutama bagi mereka yang menginginkan posisi duduk yang lebih tinggi saat berkendara.

Sedan

Membeli Mobil Pertama: Kenali Jenis Mobil Beserta Plus Minusnya

Sedan adalah jenis mobil yang memiliki dua baris kursi dan biasanya mampu menampung lima penumpang. Karakteristik utama sedan adalah profil tubuhnya yang panjang dengan boot belakang terpisah.

Plus:

  • Kenyamanan Berkendara: Sedan cenderung memberikan kenyamanan berkendara yang baik.
  • Efisiensi Bahan Bakar: Biasanya sedan menawarkan efisiensi bahan bakar yang baik, terutama dalam kondisi berkendara di jalan raya.
  • Stabilitas: Karena profilnya yang rendah, sedan umumnya memiliki stabilitas yang baik saat berkendara pada kecepatan tinggi.

Minus:

  • Ruang Kargo Terbatas: Boot belakang yang terpisah pada sedan dapat memberikan ruang kargo yang lebih kecil dibandingkan dengan jenis mobil lainnya.
  • Ketinggian Kabin: Ketinggian kabin yang lebih rendah mungkin tidak nyaman bagi beberapa orang, terutama saat masuk dan keluar dari mobil.

Kesimpulan

Dalam proses membeli mobil pertama, penting untuk memahami perbedaan antara jenis mobil yang ada serta plus dan minus dari masing-masing jenis. Sedan, SUV, hatchback, MPV, dan LCGC adalah beberapa jenis mobil yang sering dipertimbangkan oleh pembeli mobil baru. Setiap jenis mobil memiliki karakteristik yang berbeda-beda. 

Dengan pemahaman yang baik tentang plus dan minus dari masing-masing jenis mobil, Anda dapat mengoptimalkan pengalaman berkendara Anda dan memilih mobil yang memenuhi kebutuhan Anda dengan baik. Mencari rental mobil bulanan di Bali? Maka Bali Bija solusi tepatnya. Kami siap memberikan layanan sewa mobil secara maksimal!

    Taman Satwa Tabanan Bali

    Wednesday, 12 October 2022.

      Taman Satwa Tabanan Bali merupakan destinasi wisata edukasi terbaik yang mana selalu dijadikan referensi untuk dijadikan sebagai liburan sekolah. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut, silahkan simak artikel kami hingga selesai. Taman satwa merupakan tempat yang mana berbagai jenis hewan unik terdapat disana. Mulai dari burung bangau,...

    Please Read More..

    Air Terjun Di Singaraja

    Friday, 30 September 2022.

      Air terjun di Singaraja sangat direkomendasikan untuk kamu yang memiliki hobi berkunjung atau ingin melihatnya di Bali. Bali merupakan salah satu kawasan wisata internasional karena memiliki daya tarik lengkap. Mulai dari pantai yang masih bersih, telah dilengkapi berbagai macam fasilitas hiburan lengkap. Namun tidak hanya pantai,...

    Please Read More..

    Rekomendasi Menu Restoran Mina Segara Terenak di Bali

    Saturday, 11 November 2023.

    Jika Kamu jalan – jalan ke Bali, coba sempatkan diri berkunjung ke restoran Mina Segara. Tempat makan ini sangat terkenal baik di kalangan wisata lokal atau mancanegara, karena hampir semua menunya terasa enak. Harga makanannya juga cukup ramah di kantong wisatawan. Ketika lelah setelah jalan – jalan...

    Please Read More..

    3 Daya Tarik Air Terjun Leke-Leke yang Menenangkan

    Saturday, 29 October 2022.

      Di daerah Bali juga terdapat objek wisata alam yang cukup terkenal, yaitu Air Terjun Leke-Leke. Bagi pecinta pemandangan alam dan petualangan, tentu mendatangi tempat ini sangat harus dilakukan, karena dijamin kamu tidak akan menyesal saat mengunjunginya. Air terjun memang sangat menenangkan ketika dilihat. Selain itu jika...

    Please Read More..

    Menelusuri Bali Utara

    Friday, 30 September 2022.

      Menelusuri Bali Utara dapat kamu lakukan jika ingin menjelajah Pulau Bali. Popularitas dari objek wisata di Bali Utara memang tidak setinggi Bali bagian barat atau selatan. Salah satu daerah di Bali ini juga menawarkan destinasi wisata yang tidak kalah indah. Suasana dari kawasan ini terkenal masih...

    Please Read More..

    Air Terjun Tukad Cepung Magnet Wisata Lokal dan Mancanegara

    Saturday, 22 October 2022.

      Pergi berwisata di Bali tidak harus selalu pergi ke pantai, tapi juga bisa mengunjungi Air Terjun Tukad Cepung yang ada di Dusun Penida Kelod, Tembuku, Bangli. Lokasinya tidak jauh dari pusat kota dan memiliki akses jalan cukup baik. Sesekali jika pergi ke Bali jangan hanya berkunjung...

    Please Read More..
    Top