(0361) 9091 737
081338362376
08113883358

Larangan Saat Sewa Mobil

Larangan saat sewa mobil dan banyak kesalahan yang dilakukan oleh pihak penyewa mobil ketika sedang menggunakan jasa rental mobil. Itulah sebabnya tips rental mobil menjadi hal yang penting, supaya Anda paham hal apa saja yang tidak boleh dilakukan saat menyewa mobil.

Demi kenyamanan saat menyewa mobil dan saat berkendara, patuhi aturan yang ada dan ditetapkan oleh pihak jasa rental. Supaya Anda bisa menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, dan dipercaya kembali jika suatu hari nanti menyewa mobil di tempat tersebut.

Tips Rental Mobil Mengenai Hal yang Tak Boleh Dilakukan Saat Menyewa

Sewa mobil memang bisa menjadi solusi yang tepat bagi Anda yang tidak mau menggunakan transportasi umum saat bepergian jauh. Inilah tips sewa mobil rental, mengenai hal-hal yang tak boleh dilakukan ketika menyewa:

1. Tidak Memiliki Sim

Bagi Anda yang ingin menyewa mobil tanpa supir atau lepas kunci, maka yang mengemudikan mobil rental tersebut harus sudah memiliki SIM. Jika Anda yang mengemudikannya, pastikan Anda sudah memiliki SIM A.

Hal ini sangat penting karena baik mobil pribadi ataupun mobil rental Anda tetap harus menggunakan SIM saat berkendara. Apalagi jika di perjalanan ada razia polisi dan Anda tidak membawa atau memiliki SIM maka hal itu akan membuat prosesnya menjadi lebih panjang.

Belum lagi, urusan dengan pihak rental yang menyewakan mobilnya yang harus ikut bertanggung jawab hanya karena Anda tidak membawa SIM.

2. Jumlah Penumpang Melebihi Kapasitas Muatan

Tips rental mobil lepas kunci berikutnya yang termasuk kesalahan dalam menyewa adalah, jumlah penumpang yang melebihi kapasitas muatan. Muatan ini bisa berupa orang bisa juga berupa muatan barang.

Sebaiknya Anda tidak menggunakan mobil dengan jumlah kapasitas muatan yang melebihi maksimal kapasitas mobil itu sendiri. Misalnya mobil Toyota Agya yang hanya memuat maksimal 4–5 orang saja, dijejali hingga 7 orang penumpang.

Hal itu juga akan membuat perjalanan Anda menjadi tidak nyaman. Apalagi mobil yang muatannya berlebihan akan lebih boros dalam hal konsumsi bahan bakarnya.

Selain itu, sejumlah komponen seperti rem dan suspensi mobilnya tidak akan bekerja dengan maksimal. Itulah yang bisa membahayakan dan bisa menyebabkan kecelakaan.

3. Jorok

Masih ada lagi kesalahan lainnya yang mungkin dilakukan saat menyewa mobil, yaitu jorok saat berkendara atau saat berada di dalam mobil sewaan. Sebaiknya perlakukan mobil rental seperti milik Anda sendiri, dan jaga kebersihan di dalam mobil.

Apabila selama berada di dalam kabin seluruh penumpang makan makanan, sebaiknya buang sampahnya dan jangan biarkan makanannya tercecer di dalam mobil. Sisa-sisa makanannya pun jangan dibuang sembarangan, tapi masukkan ke dalam tong sampah.

Selain membuat tidak nyaman, kabin mobil yang kotor bisa dipenuhi dengan binatang atau serangga.

4. Memodifikasi Mobil

Mobil yang Anda sewa tentu bukan milik Anda, maka jangan memodifikasi atau merubah komponen apapun yang ada pada mobil. Jika Anda memiliki kebiasaan suka memodifikasi mobil hal ini tentu bisa dilakukan pada mobil sendiri, tapi tidak pada mobil rental.

Hal ini tentu sudah ada di syarat dan ketentuan sebelum menyewa mobil. Jika pelanggaran ini dilakukan, maka hal itu bisa menyalahi aturan dan ketentuan yang sudah disepakati sebelumnya.

5. Mengemudikan Mobil dengan Ugal-ugalan

Tips rental mobil berikutnya yang tak boleh dilakukan pengemudi saat menyewa mobil adalah, mengemudikan mobil secara ugal-ugalan. Mengemudi dengan ugal-ugalan bisa menyebabkan kecelakaan, yang tak hanya merugikan diri sendiri tapi juga banyak pihak.

Sebaiknya tidak mengendarai mobil di tempat yang tidak semestinya juga, contohnya saat Anda mengemudikan mobil sedan kemudian nekat menerjang banjir atau medan jalan yang rusak dan juga curam.

Hal itu malah akan menambah masalah saja, dan tidak menutup kemungkinan akan membuat mobil rusak. Jika perjalanannya memang cukup menantang, sebaiknya konsultasikan dulu dengan pihak jasa rental.

Kira-kira jenis mobil apa yang cocok dipakai pada medan yang berat. Bisnis rental mobil yang mereka bangun juga tentu dijalankan dengan hati-hati, sehingga sebagai pihak penyewa sebaiknya tidak membuat masalah dengan membuat mobil menjadi rusak.

6. Meminjam Mobil dengan Melebihi Batas Waktu

Kembalikan mobil sewaan secara tepat waktu dan sesuai dengan durasi waktu yang telah disepakati. Apabila mobil yang Anda sewa dipinjam secara harian maka pastikan jangan mengembalikan mobil lebih dari 1 hari.

Apabila masih ingin memperpanjang waktu pinjam sebaiknya konfirmasi pada pihak rental, dan jangan memutuskan sendiri. Hal itu bisa membuat usaha rental perusahaan jasa tersebut merugi, ditambah lagi dengan biaya denda yang harus Anda bayar.

7. Membatalkan Reservasi

Jika sudah memesan atau membooking mobil dari jauh-jauh hari sebaiknya Anda tidak membatalkan reservasi. Tak hanya pihak rentalnya saja, tapi Anda juga bisa rugi besar karena uang deposit yang sudah masuk ke sana hangus.

Biasanya bagi calon penyewa yang membooking mobil dari jauh hari memang harus membayar deposit terlebih dulu saat reservasi. Daripada membatalkan atau cancel sebaiknya memindahkan waktu/hari sewanya saja.

8. Tidak Menggunakan Asuransi

Asuransi akan melindungi Anda dari segala kemungkinan buruk yang bisa terjadi kapan saja. Maka jika Anda menyewa mobil dan durasi waktu yang lama pastikan mobil yang disewa sudah dilindungi oleh asuransi.

Terkecuali untuk durasi sewa yang pendek seperti sewa harian, tidak menggunakan asuransi pun tidak apa-apa.

9. Berkendara dalam Kondisi Mabuk

Mabuk adalah sebuah kesalahan yang sangat fatal yang terjadi saat Anda berkendara. Hindari mengemudikan mobil saat sedang mabuk, apalagi mobil yang Anda kendarai adalah mobil sewaan. Jangan memaksa untuk mengendarai mobil ketika sedang mabuk.

10. Berkendara dalam Kondisi Marah

Kesalahan lain yang juga harus dihindari saat berkendara dan menyewa mobil adalah, berkendara dalam keadaan marah. Hal ini juga menjadi salah satu hal yang harus dihindari saat mengendarai mobil yang harus Anda ketahui.

Kemarahan adalah sebuah emosi negatif yang bisa merugikan orang lain, apalagi saat berkendara di jalan raya. Kemarahan ini juga bisa memicu berkendara sambil kebut-kebutan.

11. Berkendara Saat Mengantuk

Hal fatal lainnya yang juga berbahaya karena bisa menyebabkan kecelakaan adalah berkendara ketika sedang mengantuk. Perjalanan jauh yang mencapai lebih dari 8 jam lamanya memang membuat pengemudi lelah sekaligus mengantuk.

Kantuk yang muncul saat menyetir dapat membuyarkan fokus Anda di jalan raya. Untuk mengantisipasinya bawa supir pengganti yang juga bisa bergantian mengemudi jika salah satunya sudah mengantuk.

12. Melanggar Aturan Lalu Lintas

Perhatikan juga tips rental mobil berikutnya yang juga harus diperhatikan saat menyewa mobil, yaitu jangan melanggar aturan lalu lintas. Pelanggaran yang dilakukan di jalan raya juga bisa membuat Anda berhubungan dengan polisi lalu lintas, dan masalahnya akan semakin rumit.

Untuk itu patuhi segala aturan di jalan raya dan pastikan Anda selalu mengemudi dengan aman dan nyaman.

Dengan memperhatikan tips rental mobil dan menghindari sejumlah kesalahan di dalamnya, maka perjalanan Anda akan berlangsung dengan aman dan nyaman.

    Bali Outbound and Farmstay

    Selasa, 11 Oktober 2022.

      Dari sekian banyak destinasi yang bisa kamu kunjungi di Pulau Dewata, salah satu yang paling rekomended adalah Bali Outbound and Farmstay. Destinasi wisata satu ini memiliki fasilitas yang sangat lengkap dan banyak spot foto Instagramable di dalamnya. Jika kamu kebetulan sedang berkunjung ke Bali, mengunjungi spot...

    Please Read More..

    Pulau Menjangan Bali

    Minggu, 2 Oktober 2022.

      Pulau Menjangan Bali adalah salah satu tempat liburan atau tujuan wisata yang disarankan kepada kamu ketika kamu berlibur ke Pulau Dewata. Ini merupakan destinasi atau tujuan wisata alam paling lengkap di antara lainnya. Sebab, ada banyak daya tarik yang disuguhkan olehnya. Tidak hanya soal pantai, laut,...

    Please Read More..

    Wisata Gelar River Bali

    Senin, 3 Oktober 2022.

      wisata gelar River Bali adalah salah satu opsi liburan yang jauh dari hiruk-pikuk keramaian di Bali, dan sekarang kami akan memberikan jawabannya. Sebab, Pulau Dewata sudah dikenal oleh banyak kalangan bahkan dari luar daerah dan negeri. Sehingga, tempat wisata yang sudah dikenal oleh banyak orang. Menjadi semakin...

    Please Read More..

    Wisata Gunung Merbuk Bali

    Senin, 3 Oktober 2022.

      Wisata Gunung Merbuk Bali bisa menjadi alternatif jika kamu bosan dengan pantai. Sebab, Bali tidak hanya melulu soal air. Merupakan wilayah daerah dengan banyak keanekaragaman alam serta budaya. Kamu bisa mendapatkan alternatif pilihan juga dalam urusan mendaki. Tepatnya pada Desa Dauhwaru, Kelurahan Jembrana, Kabupaten Jembrana, Bali....

    Please Read More..

    Kebun Raya Gianyar Cocok Untuk Dikunjungi Wisatawan

    Rabu, 26 Oktober 2022.

      Kebun Raya Gianyar sekarang sudah diubah menjadi lokasi wisata. Perubahan tersebut membuat kamu bisa mengunjunginya jika ingin menikmati suasana dari tempat ini. Beberapa dari kamu pasti merasa aneh ketika mendengar kebun raya ini. Itu karena, area Gianyar adalah salah satu lokasi paling terkenal di Bali. Dengan...

    Please Read More..

    Sewa Mobil Ubud Bali Untuk Tampil Berkelas

    Sabtu, 19 November 2022.

      Kebutuhan akan sewa mobil Ubud Bali semakin tinggi seiring waktu. Bali tidak hanya terkenal akan keindahan pantai-pantainya yang eksotis. Bali juga memiliki kecantikan panorama yang tidak kalah memukau yang bisa dijumpai di Ubud. Ubud adalah kawasan yang berada di bagian tengah Pulau Dewata. Ubud adalah wilayah...

    Please Read More..
    Top
    id_IDIndonesian